Mendefinisikan Kembali Makna Eadon

Tulisan sebelumnya sudah membahas arti si eadon versi dukun digital saat ini, Google. Nah sekarang ada baiknya mendefinisikan kembali apa itu arti eadon.

Dalam ilmu semantik atau semiotika, alias ilmu yang mempelajari makna dan arti dari tanda-tanda yang ada, maka tanda itu harus dijelaskan oleh sang pembuat tanda itu. Misal kalau ada yang membuat tanda bendera kuning atau kain kuning di pasang di depan rumah, maka artinya itu bisa jadi ada kematian. Contoh lain, saat sebuah toko mencoret harga barang yang mahal lalu diganti menjadi angka yang lebih rendah. Jika pertama kali hal ini dilakukan, toko itu perlu menjelaskan kalau harga barang tersebut sedang diskon atau rabat. Namun jika sudah banyak yang paham, tidak perlu lagi menjelaskan kepada pembacanya, apa arti angka yang dicoret itu.

Nah itu adalah penjelasan yang semoga tidak ngawur soal semiotika atau semantik. Mari kembali ke eadon.

Eadon Bisa Dijadikan Edan

Berdasarkan pemecahan kata sebelumnya, eadon+books, jadinya tersisa tinggal kata eadon. Books sudah dapat artinya, buku-buku. Tinggal arti eadon. Berhubung ada banyak tafsiran yang bisa dipakai, jadinya yang paling mudah untuk mendefinisikan kembali arti eadon adalah dengan menjadikan kata plesetan menjadi ‘Edan’ alias, Gila. Anggap saja ada huruf yang dihilangkan lalu diubah bacaan eadon menjadi edan.

Nah kalau sudah begini, sudah mulai mengerucut artinya. Sudah bisa menjadi Gila+Buku, atau kalau dibalik bisa menjadi Gila Buku. Kata edan sendiri dalam pemakaiannya sehari-hari bisa bermakna positif atau negatif. Kalau pakai penerawangan sih, anggap saja makna edan itu adalah makna yang positif. Contohnya dalam kata-kata #edan yang saya ambil di Twitter:

anda pernah di tinggalin pacar atau di sakitin pacar?? itu tandanya pacar anda EDAN

atau

Susah waras di zaman #edan

Gila di sini bukan gila, orang gila beneran. Gilanya tidak setingkat orang yang sakit jiwa atau hilang akal.

Buku Cangkir Kopi Meja Kerta Tulis Putih Kayu
Buku Cangkir Kopi Meja Kerta Tulis Putih Kayu

Nah kalau kata gila ini disandingkan kata ‘buku’ jadilah makna ini bisa berkonotasi positif. Sederhananya, definisi eadonbooks adalah Gila Buku.

Karena Gila Buku Jadinya

Jadinya eadonbooks menggunakan gambar kopi dan buku sebagai gambaran eadonbooks. Gambar kopi panas di taruh di atas buku bisa diartikan sebagai saat-saat yang nikmat untuk membaca buku yakni ditemani segelas kopi hangat. Lagi pula, kalau hobi baca buku, biasanya suasana yang paling enak itu ditemani camilan hangat. Terlebih lagi di kala musim hujan, suasana membaca buku akan bertambah syahdu. Jadi kesimpulannya, arti eadon versi di sini adalah edan. Lalu ditambah buku, maka jadilah gila buku.

Buku yang Menjadi Tulisan

Ead on Books Kopi Buku Menjadi Tulisan
Ead on Books Kopi Buku Menjadi Tulisan

Buat yang suka membaca buku, terkadang saat-saat membaca buku timbul pemikiran baru atau ide-ide baru. Nah di zaman sekarang di mana orang-orang memiliki media sosial, terkadang ide-ide baru itu dituangkan dalam bentuk tulisan. Tulisan-tulisan itu hampir muncul di media sosial pribadi sebagai bentuk kabar berita atau status hari itu.

Sayangnya, status di media sosial yang dituliskan itu terkadang memiliki pembaca yang terbatas. Padahala jika status tersebut dibuat publik, mungkin ada lebih manfaatnya. Oleh sebab itulah judul eadonbooks ini juga, buku menjadi tulisan. Ada banyak inspirasi dan ide yang bisa dituangkan dalam bentuk tulisan setelah membaca dan mendapatkan informasi baru dari sebuah buku. Jika ide itu dituangkan ke ditampilkan ke dalam bentuk tulisan di dunia nyata, tentu potensi pembacanya akan lebih besar. Eadonbooks, Gila Buku, saat Buku Menjadi Tulisan [EAD].

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *